Thursday, June 9, 2016

Dr. H. Abdul Karim Amrullah (HAKA) Sebagai Tokoh Pembaharuan di Minangkabau

Dalam perjalanannya, Minangkabau telah melalui zaman-zaman yang berbeda hingga akhirnya sampai pada zaman modern. Di ujung zaman penjajahan Belanda atau di akhir abad ke-19, di Minangkabau mulai bermunculan para tokoh-tokoh intelektual. Kehadiran para tokoh ini kemudian memunculkan pergolakan intelektual antara mereka yang membawa pemikiran baru dengan mereka yang masih mengamalkan pemikiran lama.
Perbedaan pemikiran dari para kaum intelektual yang biasanya berasal dari kalangan ulama ini kerap dikenal dengan istilah kaum muda dan kaum tua. Kaum tua adalah para tokoh yang masih mengamalkan segala sesuatu berdasarkan pengajaran dari guru dan nenek moyang mereka. Sedangkan kaum muda, selain penentang dari kaum tua mereka juga merupakan pembawa pemikiran modern tentang islam. Pembaharuan yang dibawa oleh para kaum muda secara tidak langsung merupakan pengaruh dari pergolakan pemikiran yang terjadi di Timur Tengah kala itu.
Salah seorang tokoh dari kaum muda yang begitu berpengaruh Minangkabau masa itu ialah Dr. H. Abdul Karim Amrullah. Pemuda yang merupakan anak dari seorang ulama thariqat terpandang di Minangkabau. Anaknya kelak juga menjadi seorang ulama yang termasyhur di akhir abad ke-20.
Beberapa pemikiran beliau begitu berpengaruh dalam pergolakan intelektual islam di Minangkabau. Semua pemikiran beliau mulai berkembang di Minangkabau setelah kembalinya beliau dari Timur Tengah dalam Rangka menuntut ilmu.

Biografi Dr. H. Abdul Karim Amrullah.
  1. Kelahiran.
Abdul Karim Amrullah (AKA) atau yang biasa kita kenal dengan panggilan Inyiak Dotor merupakan anak ke tiga dari pasangan Syekh Muhammad Amrullah dengan istrinya yang bernama Tarwasa. Beliau dilahirkan pada hari Ahad tanggal 17 Shaffar 1926 H yang bertepatan dengan tanggal 10 February 1879 Masehi. Tempat yang pertama kali menjadi saksi dari kelahiran beliau adalah sebuah kampung kecil di pinggiran Danau Maninjau, yaitu di Kepala Kabun Jorong Betung Panjang Nagari Sungai Batang Maninjau Agam (Hamka, 53: 1982).

  1. Riwayat Pendidikan.
Hamka dalam bukunya yang berjudul Ayahku menjelaskan satu bagaimana proses perjalanan AKA dalam menuntut ilmu. Mulai dari wilayah Minangkabau sampai nantinya ke Mekah. Di buku tersebut jelas disebutkan bahwa orang yang pertama kali menjadi guru beliau adalah Tuanku Haji Hud dan Tuanku Fakih Samnun. Kala AKA yang berumur 10 tahun diantar sendiri oleh pamannya yang bernama H. Abdussamad ke Dusun Sibalantai Tarusan, Painan.
Setelah setahun menuntut ilmu di Painan, beliau kembali ke Maninjau. Di maninjau beliau belajar menulis huruf Arab kepada Adam anak Tuanku Said. Di usia 13 tahun, beliau melanjutkan pelajaran Nahwu Sharaf kepada ayah beliau sendiri. Kemudian dilanjutkan dengan belajar kepada Tuanku Sutan Muhammad Yusuf. Disini beliau sampai menamatkan kitab Minhajut Thalibin karangan Imam Nawawi dan Tafsir Jalalein.
Sekembalinya beliau dari Sungai Rotan, Muhammad Amrullah (ayahnya) menyuruh beliau untuk melanjtkan pendidikan ke Mekah. Maka pada tanggal 1894 berlayarlah beliau menuju Mekah.di sana beliau berguru kepada beberapa ulama termahsyur, diantaranya: Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawy, Syekh Taher Jalaludin, Syekh Abdullah Jamidin, Syekh Usman Serawak, Syekh Umar Bajened, Syekh Sa’id Yaman, dll.
Pada usia 23 tahun beliau kembali lagi ke Minangkabau. Kedatangan beliau membawa hawa baru bagi dunia keislaman. Tidak berapa lama beliau di rumah beliau diangkat menjadi Tuanku Syekh Nan Mudo, sedangkan ayahnya menjadi Tuanku Syekh Nan Tuo. Di sini beliau dinikahkan dengan seorang perempuan yang bernama Raihanah dan beroleh dua orang anak. Saat beliau kembali ke Mekah, Raihanah dan anak laki-lakinya meninggal dunia.
Sekembalinya beliau ke kampung, beliau langsung dinikahkan kembali dengan adik dari Raihanah yang bernama Shafiyah dan beroleh seorang anak laki-laki yang beliau namai Abdul Malik. Beliau pada akhirnya menutup usia pada hari sabtu tanggal 2 Juni 1945.

Pemikiran Dr. H. Abdul Karim Amrullah.
Kondisi dunia islam ketika AKA menuntut ilmu di Mekah adalah sedang gencar-gencarnya dengan gerakan modernisme. Gerakan ini berawal dari buah pemik iran dari Jamaluddin Al-Afghani dan kemudian dilanjutkan oleh Muhammad Abduh. Mengingat gencarnya gerakan ini, maka tidak diragukan lagi jika gerakan ini cepat menyebar ke berbagai daerah yang ada, termasuk pula Mekah.
Sekembalinya AKA dari Mekah, begitu banyak perubahan yang beliau bawa. Ketika kepulangan beliau yang pertama, beliau mulai menampakkan ketidaksukaannya kepada budaya keislaman masyarakat Minangkabau yang telah banyak jauh dari islam. Dari beberapa bid’ah dan khurafat yang dibantah, banyak para lebai masa itu yang merasa tersinggung dan sakit hati. Akan tetapi mereka tetap merasa segan terhadap ayah dari AKA.
Selain itu, beliau juga dikenal dengan seorang yang menentang tharikat, sekali pun ayahnya seorang ulama tharikat. Hal ini ditanggapi baik oleh ayahnya, karena beliau jugalah yang telah mengusulkan anaknya untuk berguru ke Mekah.
Lain dari pada itu, Pembaharuan yang beliau bawa mampu menumbuhkan semangat nasionalisme bagi seluruh ulama di Minangkabau. Hal ini terbukti ketika berkembangnya isu akan diterapkannya sistem Guru Ordonansi pada tahun 1928, yang mana sistem ini melarang para guru mengajarkan perihal agama di sekolah (Hamka, 166: 1982). Setelah diadakan pertemuan, akhirnya pidato beliau berhasil menyatukan semua ulama yang datang dari berbagai kalangan baik itu kaum muda maupun kaum muda.
Dari sekian perjalanan beliau ke luar daerah dan luar negeri membuat beliau berfikir untuk tidak lagi membesar-besarkan urusan yang remeh, seperti tidak lagi memperkarakan perihal Ushalli, talkin atau kenduri di rumah orang kematian (Hamka, 166: 1982). Selain itu beliau juga mulai menggalang persatuan diantara para ulama yang ada, dengan cara menghilangkan penyebutan kaum tua dan kaum tua. Bahkan ketika ditanyakan beliau termasuk pada kaum apa, beliau menjawab bahwa beliau kaum menuntut kebenaran.
Pemikiran beliau tentang pembaharuan banyak berada dalam bidang pendidikan. Pemikiran-pemikiran beliau banyak disampaikan di lembaga-lembaga pendidikan dengan berbagai metode yang juga berbeda dari sistem yang telah ada sebelumnya.
Pembaharuan itu ada dalam bidang kurikulum pendidikan, yaitu dengan dimasukkannya beberapa pelajaran umum. Pendidikan dilakukan berdasarkan jenjang pendidikan yang bertingkat-tingkat. Selaiin itu tafsir-tafsir juga mulai diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Begitu juga dengan khutbah jum’at yang selanjutnya juga mulai menggunakan bahasa Indonesia (Mansoer, 180: 1970).

Kesimpulan
Abdul Karim merupakan seorang pemuda kelahiran Maninjau dari latar belakang keluarga yang taat agama. Ayahnya Syekh Muhammad Amrullah atau Tuanku Syekh Nan Tuo merupakan seorang ulama thariqat. Pendidikan dasar ditempuhnya di Minangkabau dengan beberapa orang ulama, termasuk ayahnya sendiri. Setelah merasa cukup, Ayahnya, Syekh Muhammad Amrullah menyuruh beliau untuk melanjutkan pendidikan ke Mekah.
Dari berbagai perjalanan yang telah dilakukan oleh, AKA mulai memperoleh banyak pengetahuan dan ide-ide yang kemudian mulai dikembangkan di kampung halamannya. Sekali pun bertentangan dengan ulama-ulama tua, akan tetapi lama-kelamaan beliau berusaha untuk menyatukan seluruh ulama yang ada di Minangkabau. Beliau merupakan seorang ulama yang terbilang anti dengan beberapa kebijakan Belanda. Pembaharuan beliau lainnya banyak berada dalam bidang pendidikan. Pembaharuan ini beliau mulai beliau terapkan di lembaga pendidikan. Salah satunya adalah di Thawalib Padang Panjang.
Menjelang wafatnya pada awal juni 1945, beliau telah banyak meninggalkan beberapa peninggalan yang akan dirasakan sepanjang masa. Dengan kecerdasannya beliau kita kenal dengan panggilan Inyiak Dotor (Inyiak Dr.). beliau juga mendapat anugerah gerar Doktor Honoris Kausa, sehingganya nama beliau banyak ditulis menjadi DR. H. Abdul Karim Amrullah.

Daftar Kepustakaan
Asnan, Gusti. 2003. Kamus Sejarah Minangkabau. Padang. Pusat Pengkajian Islam dan Minagkabau.
Daya, Burhanudin. 1990. Gerakan Pembaharuan Pemikiran Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Hamka. 1982. Ayahku. Jakarta: Umminda.
Mansoer, MD, dkk. 1970. Sedjarah Minangkabau. Jakarta: Bhatara.

0 comments:

Post a Comment

Komennya harap yang Sopan ^_^